SITUS CHEERLEADING INDONESIA

SITUS CHEERLEADING INDONESIA. CHEERS ITU BUKAN HANYA HIBURAN.. TAPI OLAHRAGA YG BUTUH KERJA KERAS, DAN KERJASAMA TIM. BLOG INI BUKAN BUAT MENGGURUI, TAPI SEKEDAR SHARING DAN SALING BELAJAR

Thursday, May 21, 2015

Teknik elevator


Teknik Elevator

  
Elevator , atau sering disebut HalfExtension , atau Extension Prep ,adalah salah satu stunt dasar dalam Cheerleading yang mungkinpaling sering digunakan dan menjadi
dasar dalam stunt-stunt lainnya yang lebih sulit.Mungkin tim kamu juga sudah tidak terhitung seringnya membentuk elevator dalam penampilan tim. Tapi apakah kamu sudah melakukannya dengan benar? Untuk asal jadi sajamemang tidak sulit, tapi untuk melakukannya dengan teknik yang benar dan aman, agar terliha tindah dan smooth , kadangdiperlukan latihan yang tidak cukup hanya sekali atau dua kali pertemuan latihan saja. Bagianyang paling sulit biasanya adalah menyamakan momentum yang tepat di antara anggota stunt group yang melakukan elevator.


Ada 3 tahap dalam melakukan
Elevator :
1. Preparation. Persiapan (kuda-kuda)
2. Load-in . Prosesstunt dibuat.
3. Dismount. Proses flyer turundari stunt.
Dalam melakukan Elevator,dibutuhkan 3 orang base dan 1orang flyer . Jika kamu baru mencoba stunt ini untuk pertamakali, sangat kami sarankan untukmenggunakan 1 orang tambahan sebagai spotter , yang berjaga-jaga untuk menangkap flye bilamana terjatuh.


PREPARATION:

Untuk kedua BASESAMPING (side base ) :

- Lutut ditekuk dan pertahankanagar badan tetap tegak.
- Tangan ditaruh di depan badan

Untuk kedua BASE BELAKANG( back base) :
- Base belakang adalah yang paling bertanggung jawab akan keselamatan flyer karena ia yang paling melihat dengan jelas keseluruhan stunt. Biasanya backbase lebih tinggi daripada sidebase , karena ia perlu menjangkau lebih tinggi nantinya.

Untuk FLYER:
- Berdiri tegak dengan memegangkedua bahu base
- Konsentrasi ke arah tangan base, karena kaki flyer lah yang harus mencari tangan base, bukan sebaliknya. Tangan base tidak boleh bergerak mencari kaki flyer saat dia melompat nanti.
- Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu (jangan terlalu lebar)


Ada beberapa alternatif posisi tangan base:
    Yang pertama yakni disilangkan seperti pada gambar pertama.Keuntungannya adalah lebih kuat karena tangan satu dan yang lainnya saling menumpu. Namun kekurangannya adalah permukaan tangan tempat kaki flyer akan mendarat nanti menjadi lebih kecil.





    Yang kedua adalah seperti pada gambar kedua, yakni tangan dirapatkan. Keuntungannya adalah permukaan tempat flyer akan mendarat nanti lebih lebar,sehingga lebih nyaman bagi flyer,sementara kekurangannya adalah tidak sekuat posisi pertama diatas.



    LOAD-IN

     
    Untuk FLYER :
    - Flyer melompat ketangan kedua sidebase, dan menanggung berat badannya sendiri dengan bertumpu pada kedua tangannya di bahu base. Jangan menumpu berat badan sepenuhnya pada tangan base yang diinjaknya.
    - Saat menginjak tangan base, flyer harus mempertahankan pantat agar tidak turun lebih rendah dari lutut. Flyer harus berada dalam Chicken Position.
    - Saat kaki flyer telah mendarat ditangan base, kedua side basea kan "mengayun" ke bawah dengan menekuk lutut. Saat ini terjadi, ingat bahwa flyer harus tetap berada dalam ChickenPosition dengan menjaga pantat
    tidak turun lebih rendah dari lutut.
    - Setelah mengayun sepersekiandetik, base akan menghentak keatas dengan lutut, dan saat inilah flyer harus membantu dengan mendorong tangannya dan langsung berdiri tegak danmengunci seluruh badan, terutama bagian pantat dan lutut.
    Untuk kedua BASE SAMPING (side base ) :
    - Saat flyer load-in,JANGAN menggerakkantangan. Biarkan kakiflyer yang bergerak mencaritangan kedua side base .
    - Begitu kaki flyer mendarat,dengan momentum yang tepatkedua side base harus"mengayun"ke bawah sebagai ancang-ancang untuk mengangkat flyer ke atas.
    - Saat "mengayun", base harus menekuk lutut seakan-akan"menyerap" lompatan flyer kebawah, tangan jangan ikut turunke bawah, lalu menghentak keatas dengan menggunakan tenaga dari kaki, dan langsung merapatkan kaki flyer di dada masing-masing side base 
    .Untuk  BASE BELAKANG( back base) :
    - Saat flyer load-in, back base hanya membantu menyeimbangkan flyer dengan memegang bagian pinggang flyer ,jangan terlalu membantumengangkat badanflyer .
    - Saat stunt jadi, pegang bagian mata kaki flyer dan diangkat keatas untuk meringankan bebankedua side base.


     
    source : INDONESIAN CHEERLEADING

    No comments :